Berita Terbaru

FORUM SKPD DINAS PENDIDIKAN

Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan menggelar Forum SKPD yang membidangi masalah pendidikan di aula panderman hotel Inna Tretes ,Senin - Rabu 7-9 Maret 2016. Acara dengan tema “Meningkatkan Pelibatan Publik dalam membangun Ekosistem Pendidikan” berlangsung dari pukul 04.00 WIB-selesai dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Dr. H. Iswahyudi, M.Pd.
Forum SKPD yang menangani masalah Pendidikan tersebut melibatkan 24 kecamatan terkait antara lain Kecamatan Bangil, Kecamatan Beji.Kecamatan Gempol, Kecamatan Gondang Wetan, Kecamatan Grati, Kecamatan Kejayan, Kecamatan Kraton, Kecamatan Lekok, Kecamatan Lumbang, Kecamatan Nguling, Kecamatan Pandaan, Kecamatan Pasrepan, Kecamatan Pohjentrek, Kecamatan Prigen, Kecamatan Purwodadi, Kecamatan Purwosari, Kecamatan Puspo, Kecamatan Rejoso, Kecamatan Rembang, Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Tosari, Kecamatan Tutur, Kecamatan Winongan, Kecamatan Wonorejo.
Peserta forum khusus bidang pendidikan terdiri 105 peserta dari Pejabat Bappeda Kabupaten Pasuruan, pejabat kantor kemenag kab.pasuruan, dewan pendidikan, utusan kecamatan, Kepala UPTD Pendidikan, serta wakil kelompok masyarakat yang berkaitan langsung dengan fungsi SKPD terkait pendidikan.
Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Dr. H. Iswahyudi, M.Pd. saat membuka, menyampaikan bahwa penyelenggaraan Forum SKPD dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Pasuruan Tahun 2017. Program Kegiatan Pembangunan Kabupaten PasuruanTahun 2017 harus terukur dalam rangka peningkatan pembangunan di Kabupaten Pasuruan, terutama bidang Pendidikan.
Menurut Dr. H. Iswahyudi, M.Pd, forum SKPD yang dilaksanakan ini sangat penting karena terkait langsung Visi bapak Bupati Pasuruan yaitu guna mewujudkan visi dan misi rencana strategis pembangunan pendidikan, yaitu :
1. pro rakyat : pembangunan pendidikan selalu mendahulukan kepentingan rakyat dan haruslah menghasilkan yang terbaik untuk rakyat
2. inklusif : semua program pembangunan pendidikan harus melibatkan semua pihak
3. responsif : program pendidikan haruslah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan rakyat, serta tanggap dalam mengatasi permasalahan
4. efektif : program pendidikan harus mencapai hasil yang signifikan sesuai target yang telah ditetapkan, dan bersifat efesien
5. bersih : penyelenggaraan pembangunan pendidikan harus transparan, dan akuntabel.
Sedangkan hasil yang diharapkan dari Forum SKPD nantinya adalah tersusunnya Rancangan Renja SKPD berdasarkan hasil forum gabungan SKPD; tersusunnya prioritas kegiatan yang sudah dipilah menurut sumber pendanaan dari APBD dan APBN yang termuat dalam Renja SKPD menurut kecamatan dan desa; dan tersepakatinya Berita Acara hasil forum SKPD.
Tujuan Forum SKPD berdasarkan Permendagri Nomor 54 tahun 2010 Pasal 145 adalah :
1. menyelaraskan program dan kegiatan SKPD dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan;
2. mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan SKPD sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD;
3. menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan Kabupaten Kuningan; dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing SKPD
Karena itu, untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pasuruan tahun 2017, yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan, sehingga Musrenbang yang telah melalui beberapa tahap merupakan wadah paling efektif dalam penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat, selain itu untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Renja SKPD tahun 2017.
Pada Forum SKPD terkait pendidikan tersebut peserta dari delegasi kecamatan mayoritas mengusulkan pembangunan fisik, pengadaan gedung dan sarana sekolah, serta berbagai usulan lainnya. Hasil dari forum SKPD dituangkan dalam berita acara kesepakatan yang ditandatangani oleh peserta forum yang merupakan hasil pembahasan dan penajaman arah, kebijakan, program dan kegiatan untuk perencanaan pembangunan tahun 2017.