Berita Terbaru

Sosialisasi Tata Kelola BOS Tahun 2016

Pada awal tahun 2016 Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan. melalui Sub bagian penyusunan program dan pelaporan kembali menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Dana BOS SMP Tingkat Kecamatan tahun 2016 yang diikuti oleh Sekolah Dasar di Kabupaten Pasuruan. Kegiatan yang diikuti oleh 1488 peserta ini berlangsung selama dua belas hari (11 s/d 23 April 2016) yang dibagi menjadi 2 tahap dalam satu hari di beberapa Aula lembaga sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan. Lembaga yang ditempati yaitu 24 kecamatan yang diwakili oleh salah satu aula Sekolah Dasar di kecamatan tersebut. Dalam waktu 1 hari peserta harus melalui beberapa sesi materi. Dengan durasi waktu dari jam 08.00 s/d 16.20 setiap harinya. Dengan materi dibagi menjadi beberapa sesi yaitu dengan materi Penyusunan RKS dan RKAS, ALPEKA, penggunaan dana BOS, Laporan BOS online, DAPODIK,pelaporan pajak dan aplikasi SPM. Dalam kegiatan ini diawali dengan pre test dan diakhiri dengan post test untuk mengukur sejauh mana kemampuan peserta.

Ada beberapa materi dalam kegiatan kali ini yang pertama adalah materi “alpeka”, ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah) adalah aplikasi berbasis excel untuk membantu sekolah dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan tingkat sekolah. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan program BOS. Salah satu hasil akhir dari aplikasi ini adalah format BOS K-7 yang selanjutnya digunakan untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online. Aplikasi ini disertai dengan pedoman penggunaannya sehingga setiap sekolah dapat belajar mandiri. Aplikasi ini tidak diperjual-belikan. Sekolah dapat mengunduh/download secara gratis.
Aplikasi Alpeka bisa diunduh di link ini Alpeka BOS 2016_100
Selain itu semua lembaga bisa melihat rekap laporan BOS online di website http://bos.kemdikbud.go.id/. Selanjutnya materi DAPODIK sendiri diberikan karena kuota BOS dilihat dari data DAPODIK . DAPODIK merupakan sistem pendataan nasional yang dimiliki oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Data DAPODIK adalah merupakan data sekolah yang sangat penting untuk dientry, karena program tersebut sangat lengkap, mulai dari data sekolah, data siswa dan data guru serta karyawan. Untuk kuota BOS diambil dari data DAPODIK ini. Semua data yang berkaitan dengan lembaga melalui website DAPODIK bisa dilihat di website http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Acara TOT yang menghadirkan team Pelatih BOS Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan dihadiri oleh Dalam Pelatihan ini diikuti oleh 1488 peserta dengan rincian 2 perwakilan tiap Sekolah Dasar yaitu Kepala sekolah, bendahara dari semua Sekolah Dasar di lingkungan Kabupaten Pasuruan. Dari kegiatan ini, diharapkan nantinya kepala sekolah, pemangku kebijakan, dan stakeholder terkait bisa lebih memahami segala hal tentang tata kelola BOS.