Berita Terbaru

Uji Kompetensi Guru 2015 untuk Pemetaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Uji Kompetensi Guru online dan offline bagi guru PNS maupun guru Non PNS. Mereka adalah guru-guru yang sudah bersertifikasi dan yang akan disertifikasi.

Tujuan, maksud dan manfaat Uji Kompetensi Guru (UKG 2015) adalah salah satunya melakukan pemetaan terhadap kompetensi guru diseluruh Indonesia, yang mana nantinya data yang diperoleh akan digunakan oleh Pemerintah dalam menentukan kebijakan-kebijakan terhadap guru. Baseline tentang kompetensi guru yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan untuk melakukan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan (diklat).

Jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Online berlangsung dari tanggal 9-27 November 2015. Potret UKG selama ini dihasilkan dari Uji Kompetensi Awal (UKA) dan UKG. Uji Kompetensi Guru ini tak hanya diperuntukkan guru PNS saja, guru honorer nantinya juga ikut dalam uji kompetensi guru di tahun ini pula.

Durasi waktu pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. UKG online dimulai secara serentak di semua TUK pada tanggal yang telah ditetapkan dan dilaksanakan selama 120 menit atau 2 jam. Pelaksanaan UKG setiap hari dibagi dalam 2 (dua) sampai 3 (tiga) gelombang.