Berita Terbaru

Lomba Manajemen BOS Tingkat Nasional

Dinas Pendidikan Kab Pasuruan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pasalnya, Kabupaten Pasuruan berhasil meraih juara berturut-turut dalam tata kelola penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) tingkat nasional. Kepala Dinas Kabupaten Pasuruan dalam sambutannya menyatakan, tahun ini Kabupaten Pasuruan kembali mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi tingkat nasional dalam lomba tata kelola BOS yang mewakili SMP lain di Provinsi Jawa Timur, Lomba tata kelola BOS digelar tiap tahun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
“Kami mengirim beberapa sekolah untuk mengikuti seleksi lomba tata kelola BOS sebelum akhirnya terpilih SMPN 3 Purwodadi ” Beliau mengatakan, keikutsertaan Kabupaten Pasuruan menjadi peserta lomba tata kelola BOS tingkat nasional ini atas dasar undangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peserta yang dikirim pun, kata Dr. H. Iswahyudi, M.Pd merupakan hasil verifikasi di tingkat kabupaten dan dilanjutkan tingkat provinsi sebelum akhirnya seleksi di tingkat nasional.
“Alhamdulilah SMPN 3 Purwodadi berhasil lolos dalam seleksi tingkat provinsi sehingga mewakili SMP di Provinsi Jawa Timur pada seleksi tingkat nasional. Adapun dewan juri yang terlibat dalam lomba ini dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diantaranya yaitu Dra. Hj. Taty Rahayuningsih , M.Pd dengan jabatan pengawas dan Hani Handayani dengan jabatan auditor” ungkapnya.
Kegiatan ini, lanjut Dr. H. Iswahyudi, M.Pd, tidak hanya lomba semata, tetapi peserta bisa berakulturasi dengan sekolah yang berasal dari sekolah lain. Pasalnya, pengelolaan tata kelola BOS ini, bukan hanya melihat aspek laporan penggunaan dana.
Namun secara filosofis dan holistik, uang BOS dimanfaatkan oleh sekolah seperti sesuai dengan Juknis BOS.
Perlu diketahui, tahun 2015 lalu Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan juga berhasil meraih juara dalam lomba tata kelola BOS tingkat nasional. Tahun lalu yang berhasil meraih juara adalah SMPN 2 Pandaan yang mendapatkan penghargaan dari Presiden Jokowi yang diserahkan di Istana Negara pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2015 lalu. Besar harapan untuk tahun ini SMPN 3 Purwodadi bisa mengikuti jejak tahun sebelumnya.